Sabtu, 24 November 2012

Latihan Kepemimpinan Siswa

Latihan Kepemimpinan Siswa, atau biasa disingkat LKS. Sebetulnya aku masih belum tau definisi sebenarnya dari LKS, definisi dari yang aku tangkap sendiri sih suatu latihan yang melatih untuk menonjolkan kepemimpinan yang ada di dalam diri sendiri, bukan latihan yang melatih untuk jadi pemimpin. Karena semua manusia sudah terlahir sebagai pemimpin atau khalifah (Baca Q.S. Al-Baqarah ayat 30).

Pada tanggal 19-22 November 2012, yap baru-baru ini, aku melaksanakan LKS di SECAPA AD, di Jalan Hegarmanah, Bandung berbarengan dengan SMA Negeri 26 Bandung. Dan pengalaman yang aku dapat dari kegiatan ini betul-betul priceless. Di kegiatan ini semua peserta diusahakan untuk meminimalisir kesalahan seminimal mungkin. Karena salah sedikit, pasti kena bentak cetar membahana *halah*. Disuruh duduk tapi lelet, kena marah. Makan lelet, kena marah. Baru banget masuk kamar mandi, pintu kamar mandi langsung digedor-gedor dan disuruh cepet, mana sempet tuh mandi-_- fyi, selama 4 hari 3 malem aku hanya mandi sekali =)) jangan klaim aku jorok, ada kok yang ga mandi sama sekali :P RT (Ruang Tidur) aku itu RT 8, di barak Panjaitan II. Aku ga kebagian kasur doong, jadi ajaa berbagi kasur sama rekan. Aku pun ngga bawa selimut tapi bawa sleeping bag. Lucu ga sih sleeping bag di atas kasur, haha.  

Makan juga ada aturan, sama sekali ga bikin rugi sih. Makannya harus tegap, sigap, dan sendok yang menghampiri mulut bukan sebaliknya. Waktu makannya pun bervariasi, 3 menit, 5 menit, ada juga yang ga terbatas. Walaupun ga terbatas, tapi tetep harus cepet dong kasihan kan yang lain nunggu. Mandi juga kurang lebih waktunya cuma 2 menit, tapi ada yang lama juga sih. Nah aku cuma mandi pas waktunya lama aja, itupun hanya sekali-kalinya hahaha. Tidur 3-4 jam selama 3 hari, tidurnya jam 11-12 sampe jam 3. Terus Sholat Tahajud. Sholat Tahajud pertama, aku ngga merasa ngantuk sama sekali. Sholat Tahajud ke-2 dan ke-3 ga bener, soalnya sholat sambil nundutan haha-_- Tapi bukan aku aja loh :P

Hari pertama sebenarnya udah tegang sih, tapi ga tegang-tegang amat. Seiring waktu berjalan, tegang pun bertambah. Hari kedua tegangnya super! Mana hari kedua itu materi terus-terusan lagi, cuma berhenti sama makan dan sholat. Sebelum materi ada olahraga pagi, lari keliling SECAPA terus pelemasan. Pas pelemasan ramee:)) habis pelemasan sikap diam. Sikap sempurna ga boleh gerak-gerak, cuma diizinin bernapas dan berkedip, melirik pun ga boleh. Bisa dibilang, jadi patung hidup sementara hahahaha.

Hari ketiga tegangnya mulai ngurang lagi, soalnya pelatih-pelatihnya mulai mengurangi ketegasan bicaranya. Cuma bicaranya aja, lho. Sikapnya tetep tegas sama kayak pas awal. Dan di hari ketiga itu ada outbond. Ountbond-nya sih cuma kegiatan di-out aja gitu. Tapi asik banget banyak ketawa :D. Terus ada semacam candlelight dinner, tapi kita ga tau ntar makannya sama siapa. Sedapetnya tempat duduk aja. Dan aku kebagian sama stranger, aku ga kenal dia sebelumnya. Padahal ngarepnya sih sama kecengan HAHAHAHAHA ngga deng. Beres makan, ada materi lagi. Semacam dihipnotis, tapi sugestinya bikin nangis. Betul-betul bikin sadar aku ini banyak salah sama orangtua :'( sepertinya... hampir semua peserta nangis.

Terus sempet disuruh tanda tangan absen 8 kali. Ada pelatih yang bilang "Shafira mana Shafira?", temen-temenku dan aku kompak tanya "Shafira apa kang?", karena di kelas aku yang namanya Shafira bukan hanya aku. Pelatihnya jawab "Shafira apa ini..... Shafira alay." yaampun gendok sekali dibilang Shafira alay. Padahal namaku kan Shafira Layla -_- diketawain aja....

Ngomong-ngomong, kalo aku mulai ngerasa ngantuk, aku usap kayu putih ke daerah kelopak mata. Ya panas, tapi ngantuk lumayan ilang hahaha.

Oh ya, materi-materinya ada yang asik, ada yang jelas berguna, ada yang bikin ngantuk tapi akhir-akhirnya ada hiburannya juga :D ya pokoknya materinya macem-macem. Materi di hari keempat paling enak, soalnya peserta ga hanya disuruh diem merhatiin doang mayoritasnya, tapi ikut permainan sederhana gitu. Walaupun ga beranjak dari tempat duduk sih.

Hari keempat paling paliing enak. Pelatihnya udah pada melembut :') ga banyak denger bentakan. Rasanya damai hahaha. Tapi justru itu hari terakhir. Sebelum kegiatan selesai, disuruh nulis kesan pesan dan akang teteh tergalak, terbaik, ter-wibawa, terlucu, terjaim, teraktif, dll gitu. Ya nulis aja pokoknya. beres itu disatuin lagi sama kelas masing-masing, disatuin sama X-7. Kangeeen banget rasanya sama BEBERAPA orang di X-7, jadi rada heboh waktu disatuin. Ketika rombongan SMA 26 sudah diizinkan pulang, tiba-tiba hujan turun deras sekali. Jadi pulangnya SMA 6 ditunda. Disitu tuh pelatih semuanya beda banget, pada kocak :)) ga nyangka rasanya hehehehe. Tapi kenapa disaat rame itu adalah saat mau berpisah? -_- selalu begitu kan. Terus pulang aja yaaa, pas pulang baru aja kerasa ramenya LKS. Waktu kegiatan berlangsung sih rasanya cape lahir dan batin -_- ya pokoknya pengalaman ini betul-betul priceless, ga bisa dibeli. Ga nyesel aku berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini ada hasilnya, merubah kebiasaan-kebiasaan buruk aku menjadi baik dan sebagainya. Karena kalo ga berubah, sama aja kayak kambing hahahaha. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar